Sabtu, 02 Juli 2011

Elemen Dasar PHP

Elemen Dasar PHP

Sebagai pembuka, posting blog pertama ini akan mengajak Anda mengenal lebih dekat elemen-elemen PHP. elemen yang dimaksud meliputi autran-aturan dasar, sintaks, dan fitur bahasa. Mengingat peran penting elemen-elemen ini sebagai salah satu komponen fundamental dalam pembuatan aplikasi, maka sudah sepatutnya kita memahaminya secara baik dan benar.


Standar Pengkodean

Pada umumnya, setiap bahasa pemrograman mendefinisikan aturan-aturan standar yang dimaksudkan untuk dijadikan sebagai acuan bagi programmer. Dengan mengikuti aturan-aturan tersebut, kita dapat menghasilkan kode program yang konsisten dan seragam. Seabgai acuan, berikut akan dijelaskan mengenai beberapa aturan standar yang disarankan.

Standar Penamaan
Di dalam pemrograman, suatu nama digunakan untuk mengacu ke entitas yang dideklarasikan. Terkait hal ini, ada beberapa aturan dasar penamaan yang perlu sekali diperhatikan dalam upaya menghasilkan kode program yang readable.
Penamaan variable sebaiknya dituliskan menggunakan huruf kecil semua. Apabila nama terdiri atas beberapa kata, pisahkan dengan garis bawah (underscore). Sebagai contoh, $nama atau $nama_user.
Penamaan konstanta disarankan mengikuti aturan variabel, kecuali di sini menggunakan hruf besar semua, misalnya MAX, MAX_DATA atau JML_DATA.
Penamaan fungsi sebaiknya juga mengacu pada penamaan variable, dan sangat disarankan agar mencerminkan suatu aksi atau kata kerja, misalnya:
get_data(){
  //fungsi untuk mengambil data
}
set_data(){
  // fungsi untuk menulis data
}
atau
print_data(){
  // fungsi untuk mencetak data
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar