Senin, 29 Oktober 2012

AJAX: Apa dan bagaimana yang disebut AJAX?

Bagaimana sebenarnya website (yang menggunakan teknologi) AJAX?

Banyak yang mengira bahwa web dengan fitur "canggih" yang apabila di klik langsung menampilkan data adalah AJAX.

Padahal belum tentu. Bisa saja website tersebut sebenarnya hanya menyembunyikan element html tertentu pada halaman web-nya, alih-alih melakukan request ke server.

Miskonsepsi berikutnya adalah banyak yang menggunakan JAX, bukan AJAX. AJAX yang kehilangan fitur Asynchronous-nya. Websitenya telah benar melakukan request ke server secara background, namun tidak secara async/acak.

Ilustrasi gambar berikut semoga dapat membantu anda memahami perbedaan AJAX dengan teknologi web tradisional.


Definisi AJAX

Ajax, seperti yang kita ketahui bersama adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript And XML. Pada dasarnya, teknologi Ajax menggunakan objek javascript XMLHttpRequest untuk melakukan request data ke server web secara asynchronously-atau tanpa harus me-refresh halaman.

Bagimana Teknologi AJAX bekerja

Aplikasi web mengirim request ke server, kemudian server melakukan proses yang kemudian mengirimkan kembali data hasil proses tersebut ke browser client.
Menggunakan objek XMLHttpRequest tidak berarti semua respon kode harus kembali dalam bentuk XML. XMLHttpRequest pada saat ini lebih sering digunakan oleh programmer untuk mengembalikan data dalam bentuk JSON karena JSON lebih ramah bandwith dibanding XML.

Ajax tidak sekedar dapat digunakan untuk tujuan yang sangat sederhana seperti loading halaman HTML atau melakukan validasi form. Kekuatannya menjadi semakin hebat ketika dikawinkan dengan bahasa server-side scripting.

Ketika clientside dan serverside dikawinkan, maka lahirlah suatu aplikasi web yang menakjubkan. Dalam rangka menggunakan Ajax dan tentunya yang pertama kita harus memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar pemograman javascript. Oleh karena itu, blog saya banyak membahas dasar-dasar JavaScript akan sangat penting ketika mencoba untuk membangun aplikasi Ajax powered.

Tunggu posting saya berikutnya yang membahas dasar-dasar XMLHttpRequest object.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar